Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Penulisan Artikel Ilmiah Melalui Workshop Artikel

ipa.umsida.ac.id – Program Studi Pendidikan IPA UMSIDA telah melaksanakan kegiatan workshop artikel yang diselenggarakan pada Hari Senin (03/06/2024) di Ruang 201, GKB 7, Kampus 3 UMSIDA. Adapun topik dalam kegiatan ini adalah “Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Penulisan Artikel Ilmiah”.

Kegiatan workshop artikel ini mencerminkan respons terhadap kebutuhan yang mendesak dalam ruang lingkup akademik akan peningkatan kualitas penulisan dan publikasi ilmiah. Penelitian ilmiah merupakan salah satu pilar utama dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan inovasi di berbagai bidang, oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa artikel-artikel yang dihasilkan mencapai standar yang tinggi dalam hal keaslian, metodologi, dan kontribusi terhadap pengetahuan.

Workshop Artikel Ilmiah ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA mulai dari semester 2 hingga semester 8 dengan menghadirkan seorang pemateri yang ahli dalam penulisan artikel ilmiah yakni Dr Muhammad Faizal Amir M Pd yang juga merupakan seorang dosen di Prodi PGSD UMSIDA.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Dr Septi Budi Sartika M Pd. “Mahasiswa harus memiliki banyak pengalaman baik dalam bidang akademik maupun non akademik, diusahakan setiap mahasiswa harus memiliki track record publikasi, meskipun kita berasal dari Perguruan Tinggi Swasta kita tetap harus bisa melaksanakan banyak publikasi pada jurnal nasional terakreditasi atau bahkan dalam jurnal Internasional, untuk itu kegiatan workshop ini sangat penting untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa” ungkap Dr Septi.

Baca juga: Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan IPA dalam Acara Regional Student Research Conference 2024 di Universiti Malaya 

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi workshop yang disampaikan oleh Dr Muhammad Faizal Amir M Pd selaku pemateri. Dr Faizal menjelaskan mulai dari langkah awal dalam melakukan penulisan ilmiah yang menggunakan acuan IMRAD (Introduction, Methode, Research and Discussion). Selain menjelaskan cara-cara dalam menulis artikel, Dr Faizal juga menyampaikan cara dalam memilih jurnal untuk melakukan publikasi. “Sebelum menetapkan untuk submit artikel, harus diawali dengan menganalisis rumah jurnal yang akan ditempati. Harus diperiksa terlebih dahulu mengenai akreditasi dan nilai dari jurnal tersebut, jangan sampai salah memilih jurnal. Jika sudah sesuai, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan scope dari jurnal tersebut ke artikel milik kalian”. Selesai pemaparan materi, dilakukan praktek menulis artikel ilmiah secara langsung yang diawali dengan mencari ide penelitian dengan mengumpulkan 10 artikel terkait. Ide-ide penelitian nantinya akan dikumpulkan melalui Google Drive yang selanjutnya akan dikoreksi oleh pemateri.

Kegiatan diakhiri dengan penutupan dan foto bersama dengan pemateri serta penyerahan sertifikat kepada pemateri. Kegiatan berjalan dengan lancar mulai dari awal hingga akhir tanpa adanya kendala. Diharapkan dengan kegiatan ini, mahasiswa dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya khususnya dalam penulisan artikel ilmiah.

 

Penulis: Ainin Djauharoh