Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan IPA dalam Acara Regional Student Research Conference 2024 di Universiti Malaya

ipa.umsida.ac.id – Dosen dan Mahasiswa Progam Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Ikut Andil dalam acara Regional Student Research Conference 2024 di Ruang Dewan Bestari Fakulti Pendidikan Universiti Malaya pada Kamis (02/05/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Umsida mendelegasikan 8 Mahasiswa FPIP yang terdistribusi dalam 6 progam studi. Salah satunya adalah progam studi pendidikan IPA. Mahasiswa yang ikut dalam kegitan tersebut merupakan Dwi Prastyo. Selain itu, Dr Septi Budi Sartika M Pd selaku Dosen Pendidikan IPA sekaligus Dekan FPIP juga ikut andil dalam acara tersebut.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan adanya sambutan dari Prof Madya Dr Ahmad Zabidi selaku Dekan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya, sesi penyerahan cinderamata, penyampaian materi oleh guest speaker yang berasal dari berbagai Universitas diantaranya adalah Umsida, UM dan Universitas Bengkulu, sesi tanya jawab dan penutup, lalu disambung dengan presentasi paper dari mahasiswa.

Dosen Pendidikan IPA Dr Septi Budi Sartika M Pd menyampaikan bahwa pengajaran media digital berbasis kearifan lokal sangat perlu untuk diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Mengingat manfaat dari pengajaran ini yang bagus dalam menjadikan siswa lebih mudah untuk memahami materi sekaligus memudahkan guru dalam pembelajaran.

Di sisi lain, Mahasiswa pendidikan IPA Dwi Prastyo mempresentasikan paper yang berjudul ” The Effect of Booklets Based on Project Based Learning on Solving Environmental Problems in Junior High Schools“. Dalam presentasinya, disebutkan bahwa media berupa Booklet yang terintegrasi pembelajaran berbasis proyek mampu dalam menyelesaikan permasalahan pemecahan masalah siswa. Mengingat media Booklet tersebut memuat konten menarik yang menjadikan siswa lebih mudah dalam memahami materi, sekaligus lebih tertarik dalam proses belajar mengajar di mata Pembelajaran IPA.

Harapan yang disampaikan oleh mahasiswa Pendidikan IPA Dwi Prastyo, bahwa perlu adanya peningkatan kerja sama yang serupa dengan kegiatan tersebut. Hal ini, bertujuan agar mencetak pendidik yang bermutu serta memaksimalkan peran pendidikan di Indonesia agar lebih baik, khususnya melalui perantara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

 

Penulis : Dwi Prastyo – Editor : Ainin Djauharoh