Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024

ipa.umsida.ac.id – Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemdikbud pada program PPK Ormawa. Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Adapun ketua dalam kelompok pelaksana adalah Citra Azizah yang merupakan Mahasiswa Pendidikan IPA Semester 4. Dalam kegiatan ini, kelompok pelaksana dibimbing oleh DPL Muhlasin Amrullah S Ud M Pd I yang juga menjadi kepala Kemahasiswaan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Umsida.

Proposal yang telah diajukan berjudul “PPK Desa Cerdas Sawohan Melalui Project Saung Sinau Berbasis Numerasi Inspiratif dan Literasi Eksplosif (NUMILITEX) Melalui Kearifan Lokal”. Perumusan ide judul dirumuskan oleh 3 orang yakni Citra, Adira dan Mila. Perumusan ide ini juga dibantu dengan dosen pembimbing dan operator perguruan tinggi.

Citra Azizah menyampaikan fokus utama dalam pemilihan judul tersebut adalah pengembangan kecerdasan masyarakat desa sawohan melalui project ‘Saung Sinau’ yang berorientasi pada numerasi dan literasi. Dengan menekankan kecerdasan lokal dan kearifan lokal, sehingga pada program ini diharapkan dapat merangsang minat serta keterlibatan masyarakat Desa Sawohan. Penerapan basis Numerasi Inspiratif dan Literasi Eksplosif ibu juga merupakan sebuah pendekatan inovatif yang akan kita bangun dalam segi pendidikan non formal. Hal tersebut juga tidak hanya berfokus pada pendidikan saja melainkan pada aspek kecakapan hidup (life skllis) masyarakat Desa Sawohan. Sehingga diharapakan dari program ini dapat memperkaya pengalaman belajar masyarakat desa melalui metode yang menarik.

Citra juga menyampaikan rangkaian usaha dalam upaya agar program ini berkelanjutan, sebagai berikut:
– Membuat kepengurusan dari masing-masing pojok literasi dengan topik yang berbeda-beda. Kepengurusan tersebut berasal dari masyarakat desa sawohan sendiri yang telah kami beri pelatihan terlebih dahulu.
– Terbentuknya 5 pojok literasi berupa ‘Saung Sinau’ dengan topik yang berbeda-beda disetiap saungnya.
– Membuat program yang tidak menyusahkan atau memberatkan masyarakat desa tersebut.
– Menjadikan salah satu program kerja di Ormawa HIMA Pendidikan IPA yang sejalan dengan program tim PPK Ormawa HIMA Pendidikan IPA. Diharapkan dari upaya ini program PPK Ormawa HIMA Pendidikan IPA 2025 dapat berkontribusi kembali dalam pengabdian ini.

 

Penulis: Ainin Djauharoh