ipa.umsida.ac.id – Di tengah tantangan keterbatasan fasilitas praktikum di banyak sekolah, inovasi laboratorium virtual berbasis PhET Interactive Simulations menjadi solusi yang efektif untuk pembelajaran IPA dan Matematika. Penelitian yang dilakukan di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo menunjukkan hasil positif dalam penerapan teknologi ini, terutama selama pembelajaran...Read More
ipa.umsida.ac.id – Laboratorium seringkali disebut sebagai “dapur sains” karena di sanalah berbagai eksperimen dilakukan untuk menemukan hal-hal baru atau membuktikan teori yang ada. Buat kamu yang belum pernah masuk laboratorium, bayangkan tempat ini penuh dengan alat-alat unik, seperti tabung reaksi, mikroskop, atau cairan berwarna yang...Read More
ipa.umsida.ac.id – Penelitian yang dilakukan oleh Septi Budi Sartika, Suyidno, dan Akbar Wiguna, dosen dari Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berfokus pada analisis kebutuhan materi ajar dalam optimalisasi pembelajaran IPA. Menjawab Tantangan di Era...Read More
ipa.umsida.ac.id – Tidak jarang dalam proses pembelajaran dijumpai segelintir siswa yang belum atau bahkan tidak siap untuk mulai belajar. Hal ini menyebabkan seorang siswa cenderung merasa bosan, malas hingga tertekan selama proses pembelajaran berlangsung. IPA dan Matematika adalah pelajaran paling utama yang tidak disenangi oleh...Read More
ipa.umsida.ac.id – Dalam dunia pendidikan abad ke-21, inovasi pembelajaran menjadi kunci keberhasilan. Salah satu inovasi terkini adalah model pembelajaran Multikultural Berbasis Etno-STEAM. Model ini mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dengan konteks budaya lokal, yang dikenal sebagai etnosains. Apa Itu Multikultural Berbasis Etno-STEAM?...Read More