ipa.umsida.ac.id — Pembelajaran konsep-konsep sains yang kompleks, terutama pada materi seperti Bumi dan Tata Surya, seringkali menjadi tantangan bagi siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pemahaman mendalam terhadap materi ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang menengah. Untuk itu, Dr Ria Wulandari...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Ria Wulandari MPd dan mahasiswanya, Firdausia Amanda Ari Octaviani, di SMPN 1 Gempol, Pasuruan, menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) memiliki dampak signifikan terhadap keterampilan komunikasi ilmiah siswa, baik secara lisan maupun tertulis. Penelitian ini mengungkapkan...Read More
ipa.umsida.ac.id — Upaya memperkuat pelaksanaan Kurikulum Merdeka di tingkat SMP terus digencarkan oleh guru penggerak di berbagai sekolah. Salah satunya terlihat dari penelitian yang dilakukan oleh Dr Septi Budi Sartika, M.Pd bersama tim yang merupakan salah satu dosen Program Studi Pendidikan IPA dan Sulistianik di...Read More
ipa.umsida.ac.id — Dalam era digital yang terus berkembang, tantangan dalam dunia pendidikan semakin kompleks, terutama dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika yang menuntut pemahaman konsep secara konkret melalui praktikum. Sayangnya, keterbatasan alat, bahan, dan fasilitas laboratorium masih menjadi kendala di banyak sekolah, termasuk...Read More
ipa.umsida.ac.id — Di tengah tuntutan abad ke-21 yang menekankan keterampilan berpikir kritis dan analitis, dunia pendidikan dituntut untuk terus berinovasi agar mampu mencetak generasi muda yang tangguh dan berdaya saing. Salah satu tantangan besar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah bagaimana menyampaikannya secara kontekstual...Read More