pembelajaran

Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching yang Dipadukan dengan Think Pair Share terhadap Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi di Siswa SMA

ipa.umsida.ac.id – Di era globalisasi saat ini, pendidikan harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia yang terus berubah. Hal ini menuntut para pendidik untuk menemukan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa, salah satunya melalui penerapan pembelajaran yang berbasis pada pendekatan konstruktivis. Salah satu strategi yang menarik perhatian adalah Reciprocal Teaching (RT) yang dipadukan dengan Think Pair Share (TPS), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Nur Efendi MPd, dosen Prodi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bertujuan untuk menguji pengaruh kombinasi kedua strategi pembelajaran tersebut terhadap peningkatan kemampuan metakognitif dalam pelajaran Biologi siswa SMA di Kabupaten Sidoarjo. Metakognisi, yang merujuk pada kemampuan siswa untuk memahami dan mengendalikan proses berpikir mereka sendiri, menjadi aspek penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Metode Penelitian dan Hasil yang Diperoleh

Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan pendekatan quasi-experiment yang dilakukan dengan pola faktorial 4×2 dan menggunakan teknik pretest-posttest control group. Total sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 240 siswa SMA yang terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan kemampuan akademik mereka: kelompok kemampuan akademik tinggi (AA) dan kelompok kemampuan akademik rendah (AB). Keempat strategi pembelajaran yang diterapkan adalah: strategi pembelajaran konvensional, Reciprocal Teaching (RT), Think Pair Share (TPS), dan kombinasi Reciprocal Teaching dengan Think Pair Share (RT+TPS).

pembelajaran

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran RT+TPS memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa jika dibandingkan dengan ketiga strategi lainnya. Rata-rata skor nilai kemampuan metakognitif siswa yang diterapkan dengan strategi RT+TPS adalah 77,73, yang lebih tinggi 1,65% dari TPS (76,44), 2,92% lebih tinggi dari RT (75,45), dan 4,33% lebih tinggi dari metode konvensional (74,36).

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan akademik siswa mempengaruhi tingkat keberhasilan mereka dalam meningkatkan kemampuan metakognitif. Siswa dengan kemampuan akademik tinggi menunjukkan hasil yang lebih baik dalam pembelajaran metakognitif daripada siswa dengan kemampuan akademik rendah.

Implikasi dan Rekomendasi untuk Peningkatan Pembelajaran Biologi

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kombinasi strategi pembelajaran Reciprocal Teaching dan Think Pair Share (RT+TPS) sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran Biologi. Strategi ini mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, baik dalam diskusi kelompok maupun dalam kegiatan individu, sehingga membantu mereka untuk lebih memahami konsep-konsep yang dipelajari.

pembelajaran

Berdasarkan temuan ini, disarankan agar para pendidik, terutama guru Biologi, dapat mengadopsi dan menerapkan strategi pembelajaran RT+TPS di dalam kelas. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan metakognitif yang sangat penting untuk keberhasilan akademik jangka panjang.

Bagi para pemangku kebijakan pendidikan, penerapan strategi pembelajaran yang efektif seperti RT+TPS dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam merancang kebijakan dan program pelatihan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah. Dengan demikian, pembelajaran dapat lebih optimal dan siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Penerapan strategi pembelajaran yang berbasis pada pengembangan keterampilan metakognitif sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam pembelajaran Biologi di SMA. Penelitian ini memberikan bukti bahwa kombinasi strategi Reciprocal Teaching dan Think Pair Share (RT+TPS) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir siswa. Oleh karena itu, implementasi strategi ini di kelas dapat menjadi langkah penting dalam menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan berkelanjutan.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Tabel Periodik
Menghafal Tabel Periodik dengan Cara Seru dan Efektif
October 7, 2025By
Ikatan Kimia
Tips & Trik Memahami Ikatan Kimia: Cara Mudah Menguasai Dasar Kimia SMA
October 3, 2025By
Ruang Laboratorium
Persiapan dan Etika di Ruang Laboratorium SMA
September 30, 2025By
Model Discovery Learning Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA
September 26, 2025By
Metode Eksperimen
Metode Eksperimen Tingkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA
September 23, 2025By
Modul Dinamika Partikel
Modul Dinamika Partikel Berbasis Permainan Tradisional Tingkatkan Literasi Sains Mahasiswa
September 19, 2025By
pembelajaran IPA
Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Tingkatkan Kemampuan Analisis Siswa
September 16, 2025By
Pembelajaran
Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Efektif Tingkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa IPA
September 12, 2025By

Prestasi

mahasiswa
Keterlibatan Aktif Mahasiswa Pendidikan IPA Umsida: Inovasi Drytech Batik Ecoprint Berbasis IoT di Ajang PKM
September 5, 2025By
wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By