Penutupan PPK ORMAWA di Dusun Terluar Sidoarjo, Rektor Umsida Menyampaikan Misi Persyarikatan Mencerdaskan seluruh Elemen Bangsa

ipa.umsida.ac.id – Di tengah kesunyian Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Buduran, Sidoarjo, sebuah cahaya harapan menyinari. Festival Saung Sinau, inisiatif dari Tim Program Penguatan Kapasitas (PPK) Ormawa Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), telah berhasil menggugah semangat belajar anak-anak di dusun terluar ini.

Puncak acara penutupan pada Minggu (13/10/2024) diadakan dengan suasana yang sangat meriah. Demonstrasi Tapak Suci Mahasiswa Umsida dan pertunjukan tari dari “Saung Cendekia” berhasil memukau warga. Lomba-lomba yang diadakan juga sukses mengundang antusiasme anak-anak.

Ketercapaian Program Kerja

Selama tiga bulan, program Saung Sinau yang terdiri dari lima pojok literasi yang unik dan menarik, yakni Saung Cerita, Saung Cerdas, Saung Cemas, Saung Cegah, dan Saung Cendekia, telah menjadi ruang bagi anak-anak untuk menjelajahi dunia pengetahuan yang belum pernah didapatkan di lingkungan Sekolah.

Saung Sinau telah mengubah Dusun Kepetingan menjadi laboratorium kreativitas yang hidup. Pemuda-pemuda desa kini memiliki keterampilan baru dalam membuat udeng, yang dapat membuka peluang usaha. Anak-anak belajar sambil bermain, menjelajahi sejarah, dan mengasah kreativitas. Sementara para ibu, dengan tangan kreatif mereka, mengubah sampah menjadi hal yang bermanfaat. Saung Sinau adalah bukti nyata bahwa belajar bisa sangat menyenangkan dan bermanfaat.

Lihat juga: Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024

Dukungan Dari Masyarakat

Dalam sambutannya, Kepala Dusun Kepetingan, Bapak Mahfud, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim PPK Ormawa Umsida. “Kehadiran Festival Saung Sinau ini sangat berarti bagi masyarakat kami. Anak-anak menjadi lebih bersemangat untuk belajar dan berlatih hal hal baru, Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut,” ujar Bapak Mahfud.

Senada dengan Kepala Dusun, Ketua Karang Taruna Dusun Sawohan juga memberikan apresiasinya. “Festival ini telah memberikan dampak positif bagi generasi muda kami. Mereka menjadi lebih kreatif dan mandiri. Kami berharap kerjasama dan silaturahmi dengan Umsida dapat terus terjalin,” ucap Candra.

Rektor Umsida, Dr Hidayatulloh M Si menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Tim PPK Ormawa HIMA Pendidikan IPA atas inisiatif dan dedikasinya dalam menyelenggarakan Festival Saung Sinau.

Dalam Sambutannya Rektor menekankan pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anak. “Pendidikan adalah investasi terbaik untuk masa depan. Pemerintah dan perguruan tinggi berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang merata. Bagi anak-anak di Dusun Kepetingan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai beasiswa yang tersedia,” tegasnya.

Harapan untuk Keberlanjutan Program

Penutupan Festival Saung Sinau bukan hanya akhir dari sebuah program, tetapi awal dari sebuah perjalanan panjang. Lebih lanjut, Rektor menambahkan, ” Festival Saung Sinau tidak boleh berhenti sampai di sini. Saya mengajak seluruh pihak untuk terus berkolaborasi dan mengembangkan program ini. Ke depannya, saya akan mengirimkan dosen dan mahasiswa lainnya untuk memberikan pendampingan dan berbagai kegiatan edukatif di Dusun Kepetingan.”

Dalam acara ini,  kegiatan Tim PPK ORMAWA Hima Pendidikan Ipa Umsida dalam Saung Sinau secara resmi telah ditutup.

 

Penulis: Tim PPK ORMAWA Hima Pendidikan IPA

Penyunting: Ainin Djauharoh

Bertita Terkini

Jajaki Kerjasama dengan SMPN 1 Waru Sidoarjo untuk Sekolah Mitra PPG
October 15, 2024By
Suksesnya Program Pendanaan Inovasi Penjualan Nasi Goreng Beras Merah : Happy Fried Rice
October 15, 2024By
Kisah Mahasiswa Non Muslim Pendidikan IPA yang Memilih Umsida
October 11, 2024By
Antusias Maba Pendidikan IPA di Fortama FPIP
September 26, 2024By
Tingkatkan Sinergi: Prodi Pendidikan IPA UM Cirebon Melakukan Pertukaran Mahasiswa di Pendidikan IPA UMSIDA
September 24, 2024By
Harmonisasi Hima PIPA 2024
September 23, 2024By
Dosen PIPA Beri Pelatihan Pembelajaran Sains di TK Sidoarjo
September 15, 2024By
Kepemimpinan Baru, Semangat Baru: Hima PIPA Siap Berinovasi
September 6, 2024By

Prestasi

Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By
P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
April 29, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Terpilih Sebagai Duta Muda Jawa Timur
February 10, 2024By
Medali Emas dan Perak dalam Kompetisi Internasional IC-RiiTEL Universiti Malaya
January 3, 2024By
PKM (Program Kreativitas Mahasiswa): 2 Kelompok Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Insentif dan Pendanaan Proposal
August 22, 2023By
Kompetisi Sains Indonesia (KSI) 2021: Mahasiswa Pendidikan IPA Meraih Banyak Penghargaan
March 1, 2021By