SARASEHAN – Pendidikan Karakter: Menciptakan Guru yang Berkarakter untuk Menghasilkan Generasi yang Berkualitas

ipa.umsida.ac.id – Hari ini, Kamis (25/04/2024) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), UMSIDA telah melaksanakan kegiatan Sarasehan yang bertempat di Gedung Aula Mas Mansyur, GKB 2 Lantai 7, Kampus 1 UMSIDA. Kegiatan Sarasehan ini mengangkat tema “Pendidikan Karakter: Mencipatakan Guru yang Berkarakter untuk Menghasilkan Generasi yang Berkualitas”.

Kegiatan ini menghadirkan 2 orang pemateri diantaranya adalah Zaki Nur Fahmawati M Psi Psikolog yang merupakan seorang Psikolog dan Dosen Psikologi di UMSIDA serta Marina Elsera W S Pd yang merupakan seorang alumni Prodi Pendidikan IPA dan berprofesi sebagai seorang guru IPA.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dari MC yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Dr Septi Budi Sartika M Pd selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan. Dr Septi Budi Sartika M Pd mengungkapkan bahwa dengan diadakannya acara ini semoga dapat menjalin tali silaturahmi antara mahasiswa dengan para alumni yang telah lulus serta mahasiswa dapat mengambil pelajaran dengan apa yang disampaikan oleh pemateri.

Acara selanjutnya yakni acara inti pertama yang dipimpin secara langsung oleh pemateri pertama yaitu Marina Elsera W, S.Pd. Marina menyampaikan bahwa menjadi seorang guru haruslah memiliki karakter yang baik. Karena untuk menghasilkan peserta didik yang berkarakter, haruslah dimulai dari contoh secara langsung yang diberikan oleh guru tersebut. “Seorang guru harus memiliki banyak elemen karakter yang harus dikuasai. Diantaranya adalah leadership, kemampuan digital literacay, komunikatif, kreatif dan inovatif, serta dapat mengoptimalkan teknologi informasi” jelas Marina. Selesai menyampaikan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta selama 15 menit.

Acara selanjutnya yakni penyampaian materi yang kedua yang dibawakan oleh Zaki Nur Fahmawati, M Psi Psikolog mengenai Pengembangan dan Pendidikan Karakter.

Pendidikan karakter dimulai dari orang tua. “Cara terbaik mendidik anak adalah melalui kepribadian terbaik orang tua, karena anak melihat dan meniru apa yang orang tua lakukan” jelasnya. Zaki Nur Fahmawati juga menjelaskan bahwa dalam ruang lingkup persekolahan, peran orang tua dapat ditemukan pada guru. Oleh karena itu guru juga harus dapat mendidik siswanya dengan melalui kepribadian yang terbaik.

2045 telah dicanangkan untuk mencapai generasi emas guna menciptakan generasi yang produktif. Dan untuk menciptakan generasi yang produktif itu dibutuhkan seorang pendidik yang memiliki kepribadian yang baik.

Kepribadian merupakan aspek unik/khas dari perilaku seorang yang membedakan dengan orang lain. Kepribadian menunjukkan cara-cara khas yang dimiliki setiap orang yang digunakan dalam penyesuaian terhadap lingkungan. Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa kepribadian seorang guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas guru tersebut.

Guru diharuskan menguasai 4 kompetensi utama yang meliputi Kompetensi Pedagogik, Sosial, Kepribadian, dan Profesional. Kompetensi kepribadian merupakan landasan pokok yang membangun 3 kompetensi yang lain. Untuk itu seorang guru haruslah memiliki kepribadian yang baik.

Di akhir penyampaian materi, Zaki nur Fahamawati menyampaikan terdapat 7 karakter yang harus pula dimiliki oleh guru. 7 karakter tersebut terdiri atas cinta pengetahuan dan belajar, berani, komitmen dengan apa yang dikerjakan, spiritualitas, sabar, serta membangun relasi yg sehat.

Acara berjalan dengan sangat baik dan lancar tanpa adanya hambatan khusus. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian penghargaan kepada pemateri oleh panitia acara.

 

Penulis: Ainin Djauharoh

 

 

Bertita Terkini

Tabel Periodik
Menghafal Tabel Periodik dengan Cara Seru dan Efektif
October 7, 2025By
Ikatan Kimia
Tips & Trik Memahami Ikatan Kimia: Cara Mudah Menguasai Dasar Kimia SMA
October 3, 2025By
Ruang Laboratorium
Persiapan dan Etika di Ruang Laboratorium SMA
September 30, 2025By
Model Discovery Learning Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA
September 26, 2025By
Metode Eksperimen
Metode Eksperimen Tingkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA
September 23, 2025By
Modul Dinamika Partikel
Modul Dinamika Partikel Berbasis Permainan Tradisional Tingkatkan Literasi Sains Mahasiswa
September 19, 2025By
pembelajaran IPA
Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Tingkatkan Kemampuan Analisis Siswa
September 16, 2025By
Pembelajaran
Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Efektif Tingkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa IPA
September 12, 2025By

Prestasi

mahasiswa
Keterlibatan Aktif Mahasiswa Pendidikan IPA Umsida: Inovasi Drytech Batik Ecoprint Berbasis IoT di Ajang PKM
September 5, 2025By
wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By