ipa.umsida.ac.id — Praktikum merupakan bagian penting dalam pembelajaran IPA di SMA. Aktivitas ini tidak hanya mengasah kemampuan eksperimen, tetapi juga membentuk kedisiplinan dan keterampilan ilmiah siswa. Agar praktikum berjalan aman dan efektif, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan sebelum, selama, dan setelah berada...Read More
ipa.umsida.ac.id — Pembelajaran IPA di sekolah menengah memerlukan inovasi yang mampu menumbuhkan rasa ingin tahu dan keterlibatan aktif siswa. Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Dr Ria Wulandari MPd menghadirkan pendekatan model discovery learning yang terbukti mampu meningkatkan hasil belajar...Read More
ipa.umsida.ac.id — Pembelajaran IPA terus mengalami perkembangan seiring kebutuhan untuk mencetak generasi yang kritis, kreatif, dan mampu berpikir ilmiah. Salah satu pendekatan yang mulai banyak dikaji adalah penerapan metode eksperimen. Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Dr Septi Budi...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Dr Noly Shofiyah MPd MSc, Dr Ria Wulandari MPd, dan dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Dr Enik Setiyawati MPd, berhasil mengembangkan modul dinamika partikel berbasis permainan tradisional...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Dr Septi Budi Sartika MPd dari Program Studi Pendidikan IPA bersama Ermawati Zulikhatin Nuroh MPd dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains (KPS) mampu meningkatkan keterampilan berpikir...Read More