ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Septi Budi Sartika MPd, dosen Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mengungkap bahwa berbagai model pembelajaran berbasis konstruktivisme terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran inovatif untuk melatih siswa agar tidak hanya menghafal, tetapi juga mampu menganalisis, mengevaluasi, dan...Read More
ipa.umsida.ac.id — Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Prodi Pendidikan IPA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) merupakan salah satu program studi yang berkomitmen melahirkan generasi pendidik dan peneliti unggul di bidang sains. Dengan berlandaskan nilai-nilai Islam, prodi ini terus bergerak adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) demi kesejahteraan masyarakat. Visi, misi, serta tujuan yang...Read More
ipa.umsida.ac.id — Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FPIP Umsida) kembali menorehkan prestasi melalui keterlibatan aktif dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Salah satu mahasiswa, Citra Azizah, semester 7, berhasil menjadi anggota tim PKM dengan judul “Drytech Batik Ecoprint berbasis Internet of Things (IoT) dengan Solar Panel sebagai Alternatif Mempercepat...Read More
ipa.umsida.ac.id — Mari mengenal sejarah, kurikulum, serta capaian akreditasi yang telah diraih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Prodi Pendidikan IPA). Prodi Pendidikan IPA Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FPIP Umsida) merupakan salah satu program studi yang memiliki peran penting dalam mencetak calon pendidik sains yang profesional dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Untuk...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Noly Shofiyah MPd MSc dan Fitria Eka Wulandari SSi MPd, dosen Pendidikan IPA Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FPIP Umsida), menegaskan bahwa model Problem Based Learning (PBL) mampu melatih dan meningkatkan kemampuan scientific reasoning atau penalaran ilmiah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah...Read More
Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui. Etiam porta sem malesuada.