modul

Modul Elektronik Berbasis Android untuk Materi Perubahan Iklim yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam

ipa.umsida.ac.id – Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr Septi Budi Sartika MPd, dosen Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mengembangkan modul elektronik berbasis Android untuk materi perubahan iklim yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan solusi pembelajaran yang memadukan teknologi modern dengan pengajaran yang berbasis pada nilai-nilai agama, khususnya Islam, untuk siswa SMP/MTs di Sidoarjo.

Apa yang Dibahas dalam Penelitian Ini?

modul

Penelitian ini berfokus pada pengembangan dan penerapan modul elektronik berbasis Android yang mengintegrasikan materi perubahan iklim dengan nilai-nilai Islam. Dr Septi Budi Sartika menjelaskan, “Modul ini dirancang untuk mempermudah pemahaman siswa mengenai perubahan iklim, sekaligus menanamkan kesadaran tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam sesuai dengan ajaran Islam.” Dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model Plomp, penelitian ini menguji validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul ini di kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah di Sidoarjo.

Temuan Utama: Validitas, Kepraktisan, dan Keefektifan Modul

Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik dengan skor rata-rata 3,57 dari para ahli, termasuk ahli IPA, agama Islam, dan bahasa. Dr Septi Budi Sartika menambahkan, “Modul ini tidak hanya valid dari sisi materi ilmiah dan Islam, tetapi juga sangat praktis untuk digunakan, dengan tingkat kepraktisan di atas 75%, yang menunjukkan bahwa guru dan siswa dapat dengan mudah menggunakannya.”

Dalam uji coba terbatas, 54% siswa menunjukkan hasil belajar yang tinggi, sementara dalam uji coba luas, 88% siswa di kelas VII A dan 80% di kelas VII B menunjukkan tingkat pemahaman yang baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul tidak hanya efektif dalam menyampaikan materi perubahan iklim, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Bagaimana Penelitian Ini Dilakukan?

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan guru IPA dan siswa kelas VII dari beberapa SMP/MTs Muhammadiyah di Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Selanjutnya, e-modul diuji untuk menilai kevalidannya melalui review dari para ahli, kepraktisannya dalam implementasi pembelajaran, dan keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dr Septi menjelaskan, “Melalui uji coba terbatas dan luas, kami bisa melihat bagaimana modul ini mempengaruhi cara belajar siswa dan penerapan nilai-nilai Islam dalam konteks perubahan iklim.”

Implikasi untuk Pembelajaran di Kelas VII

Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi materi perubahan iklim dengan nilai-nilai Islam sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran siswa tentang tanggung jawab mereka sebagai khalifah di bumi. Dr Septi Budi Sartika menyatakan, “Melalui pembelajaran yang berbasis pada ilmu pengetahuan alam dan nilai-nilai Islam, siswa tidak hanya memahami ilmu tentang perubahan iklim, tetapi juga mendapatkan pelajaran moral tentang menjaga alam sesuai dengan ajaran agama.”

Sebagai saran, Dr Septi menyarankan agar modul elektronik berbasis Android ini diterapkan lebih luas di SMP/MTs di Sidoarjo dan daerah lainnya, guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap perubahan iklim dan pentingnya peran mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, ia juga berharap bahwa modul ini dapat dijadikan contoh dalam pengembangan bahan ajar lainnya yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam.

 

Penulis : Mutafarida

Bertita Terkini

Pendidikan IPA
Profil Lulusan Pendidikan IPA Umsida: Mencetak Pendidik dan Pengembang Media Pembelajaran yang Kompeten
August 1, 2025By
E-Book Game Education
Pengaruh Penggunaan E-Book Game Education Berbasis Ekoliterasi dalam Meningkatkan Keterampilan Ekoliterasi Siswa di SMP
July 29, 2025By
DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
Buku
Penerapan Buku Jelajah Sains pada Materi Bumi dan Tata Surya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa Kelas VII
July 22, 2025By
Keterampilan Komunikasi Ilmiah
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa di SMPN 1 Gempol
July 18, 2025By
ipa
Guru IPA Penggerak Berperan Penting Sukseskan Merdeka Belajar di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo
July 15, 2025By
PhET
Laboratorium Virtual PhET: Solusi Inovatif Praktikum IPA dan Matematika di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo
July 11, 2025By
Etno-STEM
Etno-STEM: Inovasi Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal yang Efektif Tingkatkan Kemampuan Analisis Siswa
July 8, 2025By

Prestasi

DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By
P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
April 29, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Terpilih Sebagai Duta Muda Jawa Timur
February 10, 2024By