ipa.umsida.ac.id – Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr Septi Budi Sartika MPd, dosen Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mengembangkan modul elektronik berbasis Android untuk materi perubahan iklim yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan solusi pembelajaran yang memadukan teknologi modern dengan pengajaran yang berbasis pada nilai-nilai agama, khususnya Islam, untuk siswa SMP/MTs di Sidoarjo.
Apa yang Dibahas dalam Penelitian Ini?
Penelitian ini berfokus pada pengembangan dan penerapan modul elektronik berbasis Android yang mengintegrasikan materi perubahan iklim dengan nilai-nilai Islam. Dr Septi Budi Sartika menjelaskan, “Modul ini dirancang untuk mempermudah pemahaman siswa mengenai perubahan iklim, sekaligus menanamkan kesadaran tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam sesuai dengan ajaran Islam.” Dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model Plomp, penelitian ini menguji validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul ini di kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah di Sidoarjo.
Temuan Utama: Validitas, Kepraktisan, dan Keefektifan Modul
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik dengan skor rata-rata 3,57 dari para ahli, termasuk ahli IPA, agama Islam, dan bahasa. Dr Septi Budi Sartika menambahkan, “Modul ini tidak hanya valid dari sisi materi ilmiah dan Islam, tetapi juga sangat praktis untuk digunakan, dengan tingkat kepraktisan di atas 75%, yang menunjukkan bahwa guru dan siswa dapat dengan mudah menggunakannya.”
Dalam uji coba terbatas, 54% siswa menunjukkan hasil belajar yang tinggi, sementara dalam uji coba luas, 88% siswa di kelas VII A dan 80% di kelas VII B menunjukkan tingkat pemahaman yang baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul tidak hanya efektif dalam menyampaikan materi perubahan iklim, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Bagaimana Penelitian Ini Dilakukan?
Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan guru IPA dan siswa kelas VII dari beberapa SMP/MTs Muhammadiyah di Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Selanjutnya, e-modul diuji untuk menilai kevalidannya melalui review dari para ahli, kepraktisannya dalam implementasi pembelajaran, dan keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dr Septi menjelaskan, “Melalui uji coba terbatas dan luas, kami bisa melihat bagaimana modul ini mempengaruhi cara belajar siswa dan penerapan nilai-nilai Islam dalam konteks perubahan iklim.”
Implikasi untuk Pembelajaran di Kelas VII
Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi materi perubahan iklim dengan nilai-nilai Islam sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran siswa tentang tanggung jawab mereka sebagai khalifah di bumi. Dr Septi Budi Sartika menyatakan, “Melalui pembelajaran yang berbasis pada ilmu pengetahuan alam dan nilai-nilai Islam, siswa tidak hanya memahami ilmu tentang perubahan iklim, tetapi juga mendapatkan pelajaran moral tentang menjaga alam sesuai dengan ajaran agama.”
Sebagai saran, Dr Septi menyarankan agar modul elektronik berbasis Android ini diterapkan lebih luas di SMP/MTs di Sidoarjo dan daerah lainnya, guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap perubahan iklim dan pentingnya peran mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, ia juga berharap bahwa modul ini dapat dijadikan contoh dalam pengembangan bahan ajar lainnya yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam.
Penulis : Mutafarida