suasana

Menciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan untuk Belajar IPA

ipa.umsida.ac.id – Tidak jarang dalam proses pembelajaran dijumpai segelintir siswa yang belum atau bahkan tidak siap untuk mulai belajar. Hal ini menyebabkan seorang siswa cenderung merasa bosan, malas hingga tertekan selama proses pembelajaran berlangsung. IPA dan Matematika adalah pelajaran paling utama yang tidak disenangi oleh sebagian besar siswa, entah dari segi kesulitan atau penyampaian materi yang disampaikan oleh guru yang sulit untuk dipahami. Tentunya guru sangat berperan penting dalam keberlangsungan pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkannya metode pembelajaran yang tepat agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan asyik.

Menciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan

suasana

Menurut Budimansyah (2009: 74-76), untuk membangung suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dapat dilakukan sebagai berikut:

1) Memahami sifat yang dimiliki anak, dimana pada dasarnya anak memiliki rasa ingin tahu dan berimajinasi.

2) Mengenal anak secara perorangan. Para siswa berasal dari lingkungan keluarga yang bervariasi dan memiliki kemampuan yang berbeda.

3) Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar.

4) Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah.

5) Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik.

suasana

Salah satu strategi pembelajaran yang cukup efektif yaitu strategi contextual teaching and learning (CTL), di mana dalam strategi ini menekankan keterkaitan antara materi pelajaran dengan peristiwa di kehidupan nyata. Strategi CTL bertujuan agar siswa dapat lebih memahami dan menerapkan pengetahuannya pada kehidupan sehari-hari siswa.

Selain itu, seorang guru seharusnya memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar yang dimilikinya. Penerapan metode pembelajaran yang tepat selanjutnya akan meningkatkan pencapaian pembelajaran yang lebih tinggi sehingga suasana pembelajaran dalam kelas akan menyenangkan baik bagi siswa maupun guru.

 

Penulis: Fadhilah

Editor: Mutafarida

 

 

Bertita Terkini

kebutuhan
Analisis Kebutuhan Materi Ajar untuk Optimalisasi Pembelajaran IPA di Era Globalisasi
December 3, 2024By
Serah Terima Jabatan Hima Pendidikan IPA Umsida 2024
November 1, 2024By
Penutupan PPK ORMAWA di Dusun Terluar Sidoarjo, Rektor Umsida Menyampaikan Misi Persyarikatan Mencerdaskan seluruh Elemen Bangsa
October 16, 2024By
Jajaki Kerjasama dengan SMPN 1 Waru Sidoarjo untuk Sekolah Mitra PPG
October 15, 2024By
Suksesnya Program Pendanaan Inovasi Penjualan Nasi Goreng Beras Merah : Happy Fried Rice
October 15, 2024By
Kisah Mahasiswa Non Muslim Pendidikan IPA yang Memilih Umsida
October 11, 2024By
Antusias Maba Pendidikan IPA di Fortama FPIP
September 26, 2024By
Tingkatkan Sinergi: Prodi Pendidikan IPA UM Cirebon Melakukan Pertukaran Mahasiswa di Pendidikan IPA UMSIDA
September 24, 2024By

Prestasi

Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By
P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
April 29, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Terpilih Sebagai Duta Muda Jawa Timur
February 10, 2024By
Medali Emas dan Perak dalam Kompetisi Internasional IC-RiiTEL Universiti Malaya
January 3, 2024By
PKM (Program Kreativitas Mahasiswa): 2 Kelompok Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Insentif dan Pendanaan Proposal
August 22, 2023By