suasana

Menciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan untuk Belajar IPA

ipa.umsida.ac.id – Tidak jarang dalam proses pembelajaran dijumpai segelintir siswa yang belum atau bahkan tidak siap untuk mulai belajar. Hal ini menyebabkan seorang siswa cenderung merasa bosan, malas hingga tertekan selama proses pembelajaran berlangsung. IPA dan Matematika adalah pelajaran paling utama yang tidak disenangi oleh sebagian besar siswa, entah dari segi kesulitan atau penyampaian materi yang disampaikan oleh guru yang sulit untuk dipahami. Tentunya guru sangat berperan penting dalam keberlangsungan pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkannya metode pembelajaran yang tepat agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan asyik.

Menciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan

suasana

Menurut Budimansyah (2009: 74-76), untuk membangung suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dapat dilakukan sebagai berikut:

1) Memahami sifat yang dimiliki anak, dimana pada dasarnya anak memiliki rasa ingin tahu dan berimajinasi.

2) Mengenal anak secara perorangan. Para siswa berasal dari lingkungan keluarga yang bervariasi dan memiliki kemampuan yang berbeda.

3) Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar.

4) Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah.

5) Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik.

suasana

Salah satu strategi pembelajaran yang cukup efektif yaitu strategi contextual teaching and learning (CTL), di mana dalam strategi ini menekankan keterkaitan antara materi pelajaran dengan peristiwa di kehidupan nyata. Strategi CTL bertujuan agar siswa dapat lebih memahami dan menerapkan pengetahuannya pada kehidupan sehari-hari siswa.

Selain itu, seorang guru seharusnya memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar yang dimilikinya. Penerapan metode pembelajaran yang tepat selanjutnya akan meningkatkan pencapaian pembelajaran yang lebih tinggi sehingga suasana pembelajaran dalam kelas akan menyenangkan baik bagi siswa maupun guru.

 

Penulis: Fadhilah

Editor: Mutafarida

 

 

Bertita Terkini

AI
Kupas Tuntas Implementasi AI dalam Pembelajaran dan Tantangan Pendidikan Digital Bersama Irwan A. Kautsar
June 24, 2025By
Prof Wahono
Prof Wahono Widodo Paparkan Transformasi Pembelajaran Melalui Deep Learning dalam Kuliah Umum Prodi IPA Umsida
June 20, 2025By
IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
kuliah umum
Kuliah Umum Prodi Pendidikan IPA Umsida: Menyambut Era Digital dengan Deep Learning dan Kecerdasan Buatan
June 13, 2025By
MIPA Champions
MIPA Champions 2025: Kompetisi Sains Nasional yang Mengasah Kreativitas dan Keterampilan Siswa
June 10, 2025By
Olimpiade MIPA
FPIP EduFair 2025: Olimpiade MIPA Tingkat Nasional Ajak Siswa SMP/MTs Jelajahi Ilmu Pengetahuan Alam
June 3, 2025By
PLP
Mahasiswa PLP 1 Pendidikan IPA Umsida Implementasikan Inovasi Digital di NTT
May 27, 2025By
Pengelolaan Laboratorium
Mengoptimalkan Pengelolaan Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo
May 23, 2025By

Prestasi

IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By
P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
April 29, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Terpilih Sebagai Duta Muda Jawa Timur
February 10, 2024By
Medali Emas dan Perak dalam Kompetisi Internasional IC-RiiTEL Universiti Malaya
January 3, 2024By