ipa.umsida.ac.id — Pembelajaran IPA terus mengalami perkembangan seiring kebutuhan untuk mencetak generasi yang kritis, kreatif, dan mampu berpikir ilmiah. Salah satu pendekatan yang mulai banyak dikaji adalah penerapan metode eksperimen. Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Dr Septi Budi Sartika MPd, membuktikan bahwa penggunaan metode eksperimen mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perpindahan panas dibandingkan dengan metode konvensional. Pentingnya Metode Eksperimen dalam Pembelajaran...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Dr Noly Shofiyah MPd MSc, Dr Ria Wulandari MPd, dan dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Dr Enik Setiyawati MPd, berhasil mengembangkan modul dinamika partikel berbasis permainan tradisional yang diintegrasikan dalam e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini dinyatakan layak digunakan dan mampu meningkatkan keterampilan literasi sains mahasiswa. Literasi Sains di Indonesia dan...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Dr Septi Budi Sartika MPd dari Program Studi Pendidikan IPA bersama Ermawati Zulikhatin Nuroh MPd dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains (KPS) mampu meningkatkan keterampilan berpikir analisis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri Sidoarjo sebagai subjek uji coba. Melatih Berpikir Analisis di Tingkat SMP Khususnya...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Septi Budi Sartika MPd, dosen Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mengungkap bahwa berbagai model pembelajaran berbasis konstruktivisme terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran inovatif untuk melatih siswa agar tidak hanya menghafal, tetapi juga mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mengomunikasikan hasil belajarnya. Mengapa Keterampilan Analitis Penting dalam Pembelajaran IPA Berpikir analitis merupakan keterampilan...Read More
ipa.umsida.ac.id — Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Prodi Pendidikan IPA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) merupakan salah satu program studi yang berkomitmen melahirkan generasi pendidik dan peneliti unggul di bidang sains. Dengan berlandaskan nilai-nilai Islam, prodi ini terus bergerak adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) demi kesejahteraan masyarakat. Visi, misi, serta tujuan yang dirumuskan menjadi arah dan landasan utama dalam setiap langkah akademik maupun kegiatan tridarma perguruan...Read More
Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui. Etiam porta sem malesuada.