Caption aligned here

Blog Full Right Sidebar With Frame

Ruang Laboratorium
ipa.umsida.ac.id — Praktikum merupakan bagian penting dalam pembelajaran IPA di SMA. Aktivitas ini tidak hanya mengasah kemampuan eksperimen, tetapi juga membentuk kedisiplinan dan keterampilan ilmiah siswa. Agar praktikum berjalan aman dan efektif, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan sebelum, selama, dan setelah berada di ruang laboratorium. Persiapan Sebelum Praktikum Mempelajari Materi PraktikumSebelum masuk laboratorium, siswa sebaiknya membaca modul atau buku panduan praktikum. Memahami teori dasar akan membantu memprediksi...
Read More
ipa.umsida.ac.id — Pembelajaran IPA di sekolah menengah memerlukan inovasi yang mampu menumbuhkan rasa ingin tahu dan keterlibatan aktif siswa. Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Dr Ria Wulandari MPd menghadirkan pendekatan model discovery learning yang terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi mengajar yang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri. Latar Belakang Penelitian dan Pentingnya Discovery Learning...
Read More
Metode Eksperimen
ipa.umsida.ac.id — Pembelajaran IPA terus mengalami perkembangan seiring kebutuhan untuk mencetak generasi yang kritis, kreatif, dan mampu berpikir ilmiah. Salah satu pendekatan yang mulai banyak dikaji adalah penerapan metode eksperimen. Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Dr Septi Budi Sartika MPd, membuktikan bahwa penggunaan metode eksperimen mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perpindahan panas dibandingkan dengan metode konvensional. Pentingnya Metode Eksperimen dalam Pembelajaran...
Read More
Modul Dinamika Partikel
ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Dr Noly Shofiyah MPd MSc, Dr Ria Wulandari MPd, dan dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Dr Enik Setiyawati MPd, berhasil mengembangkan modul dinamika partikel berbasis permainan tradisional yang diintegrasikan dalam e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini dinyatakan layak digunakan dan mampu meningkatkan keterampilan literasi sains mahasiswa. Literasi Sains di Indonesia dan...
Read More
pembelajaran IPA
ipa.umsida.ac.id — Penelitian dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Dr Septi Budi Sartika MPd dari Program Studi Pendidikan IPA bersama Ermawati Zulikhatin Nuroh MPd dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains (KPS) mampu meningkatkan keterampilan berpikir analisis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri Sidoarjo sebagai subjek uji coba. Melatih Berpikir Analisis di Tingkat SMP Khususnya...
Read More
1 2 3 4 26