ipa.umsida.ac.id — Setelah hujan reda, langit sering menghadirkan keindahan yang menakjubkan, pelangi. Lengkungan cahaya dengan gradasi merah hingga ungu itu tak hanya memukau mata, tetapi juga menyimpan pelajaran sains menarik bagi siswa untuk memahami bagaimana cahaya bekerja di alam. Fenomena pelangi menjadi contoh nyata bahwa ilmu pengetahuan alam (IPA) bukan hanya teori di buku, melainkan juga hadir di sekitar kita. Banyak sekolah kini memanfaatkan momen setelah hujan sebagai kegiatan pembelajaran...Read More
ipa.umsida.ac.id — Menghafal tabel periodik sering menjadi momok bagi banyak siswa kimia. Dengan lebih dari 100 unsur yang memiliki simbol, nomor atom, dan sifat yang berbeda-beda, banyak siswa merasa kewalahan. Namun, menghafal tabel periodik tidak harus selalu membosankan. Dengan strategi tepat, proses belajar bisa menjadi menyenangkan sekaligus efektif. Berikut beberapa tips yang bisa membantu siswa menguasai tabel periodik dengan lebih cepat dan kreatif. Gunakan Mnemonik dan Cerita Kreatif Salah satu...Read More
ipa.umsida.ac.id — Banyak siswa SMA merasa kesulitan memahami ikatan kimia, padahal konsep ini merupakan dasar penting dalam pelajaran Kimia. Dari ikatan ionik, kovalen, hingga logam, setiap jenis ikatan memiliki ciri khas dan aturan tersendiri. Dengan beberapa strategi praktis, siswa bisa lebih cepat menguasai materi dan meningkatkan kemampuan analisis kimia. Kenali Jenis-Jenis Ikatan Kimia Langkah pertama dalam belajar ikatan kimia adalah memahami perbedaan dasar antara ikatan ionik, kovalen, dan logam: Ikatan Ionik...Read More
ipa.umsida.ac.id — Praktikum merupakan bagian penting dalam pembelajaran IPA di SMA. Aktivitas ini tidak hanya mengasah kemampuan eksperimen, tetapi juga membentuk kedisiplinan dan keterampilan ilmiah siswa. Agar praktikum berjalan aman dan efektif, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan sebelum, selama, dan setelah berada di ruang laboratorium. Persiapan Sebelum Praktikum Mempelajari Materi PraktikumSebelum masuk laboratorium, siswa sebaiknya membaca modul atau buku panduan praktikum. Memahami teori dasar akan membantu memprediksi...Read More
ipa.umsida.ac.id — Pembelajaran IPA di sekolah menengah memerlukan inovasi yang mampu menumbuhkan rasa ingin tahu dan keterlibatan aktif siswa. Penelitian yang dilakukan oleh dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Dr Ria Wulandari MPd menghadirkan pendekatan model discovery learning yang terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi mengajar yang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri. Latar Belakang Penelitian dan Pentingnya Discovery Learning...Read More
Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui. Etiam porta sem malesuada.