ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Septi Budi Sartika MPd, bersama tim dosen lainnya dari Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), membuktikan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar. Riset ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Nur Efendi SPd MPd, dosen Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bersama salah satu mahasiswanya, membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Riset ini dilaksanakan di SDN Katerungan Krian, Kabupaten Sidoarjo, pada siswa kelas...Read More
ipa.umsida.ac.id — Dini Hariyanti, mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), berhasil meraih predikat wisudawan berprestasi dengan waktu studi yang luar biasa cepat, yakni hanya 3,5 tahun. Selain prestasinya di dunia akademik, Dini juga sukses mengikuti program pendanaan P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) dengan mitra Apotek yang memberinya...Read More
ipa.umsida.ac.id — Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Pendidikan IPA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memiliki visi yang jelas dalam mempersiapkan lulusannya untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan yang terus berkembang. Lulusan Pendidikan IPA Umsida diharapkan tidak hanya menguasai materi pembelajaran IPA, tetapi juga memiliki karakter, kompetensi, dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman, terutama di era abad...Read More
ipa.umsida.ac.id — Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Fitria Eka Wulandari bersama salah satu mahasiswa Pendidikan IPA, Sun Shamla, berhasil menyelesaikan penelitian yang mengkaji penggunaan e-Book Game Education berbasis ekoliterasi untuk meningkatkan keterampilan ekoliterasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali efektivitas media pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan permainan edukasi dalam bentuk e-book untuk memfasilitasi siswa...Read More
Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui. Etiam porta sem malesuada.