ipa.umsida.ac.id — Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Fitria Eka Wulandari bersama salah satu mahasiswa Pendidikan IPA, Sun Shamla, berhasil menyelesaikan penelitian yang mengkaji penggunaan e-Book Game Education berbasis ekoliterasi untuk meningkatkan keterampilan ekoliterasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali efektivitas media pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan permainan edukasi dalam bentuk e-book untuk memfasilitasi siswa memahami isu-isu lingkungan dengan cara yang interaktif dan menarik. Pentingnya Ekoliterasi di Era Global...Read More
ipa.umsida.ac.id — Dosen Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FPIP Umsida), Noly Shofiyah MPd MSc baru-baru ini mengikuti ujian tertutup disertasi Program S-3 Pendidikan Sains di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Disertasi yang berjudul “Pengembangan Model Data-Based Learning Cycle (DaBeLCy) untuk Meningkatkan Penalaran Ilmiah IPA Mahasiswa S-1” ini mengangkat topik mengenai pengembangan model pembelajaran inovatif...Read More
ipa.umsida.ac.id — Pembelajaran konsep-konsep sains yang kompleks, terutama pada materi seperti Bumi dan Tata Surya, seringkali menjadi tantangan bagi siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pemahaman mendalam terhadap materi ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang menengah. Untuk itu, Dr Ria Wulandari MPd, dosen Pendidikan IPA di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bersama mahasiswanya, Roudhlotul Karomah, melakukan penelitian untuk menilai efektivitas penggunaan Buku Jelajah Sains dalam meningkatkan pemahaman...Read More
ipa.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Ria Wulandari MPd dan mahasiswanya, Firdausia Amanda Ari Octaviani, di SMPN 1 Gempol, Pasuruan, menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) memiliki dampak signifikan terhadap keterampilan komunikasi ilmiah siswa, baik secara lisan maupun tertulis. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah, yang sangat penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di era pendidikan abad ke-21. Penelitian...Read More
ipa.umsida.ac.id — Upaya memperkuat pelaksanaan Kurikulum Merdeka di tingkat SMP terus digencarkan oleh guru penggerak di berbagai sekolah. Salah satunya terlihat dari penelitian yang dilakukan oleh Dr Septi Budi Sartika, M.Pd bersama tim yang merupakan salah satu dosen Program Studi Pendidikan IPA dan Sulistianik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Penelitian ini mengungkap peran signifikan guru IPA penggerak dalam menyukseskan Program Merdeka Belajar yang dicanangkan Kemendikbudristek. Penelitian yang dipublikasikan dalam Unnes...Read More
Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui. Etiam porta sem malesuada.