Olimpiade MIPA

FPIP EduFair 2025: Olimpiade MIPA Tingkat Nasional Ajak Siswa SMP/MTs Jelajahi Ilmu Pengetahuan Alam

ipa.umsida.ac.id — Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sukses menyelenggarakan acara tahunan bertajuk FPIP EduFair 2025. Salah satu highlight dalam acara ini adalah diselenggarakannya Olimpiade MIPA Tingkat Nasional untuk jenjang SMP/MTs sederajat, yang sukses menarik perhatian para peserta dari berbagai daerah. Acara yang berlangsung meriah ini menampilkan berbagai kompetisi di berbagai bidang, yang melibatkan seluruh Himpunan Mahasiswa (Hima) dan naungan se – FPIP, termasuk Action, Hima PGPAUD, Hima PGSD, Hima Psikologi, Hima PTI, Hima PBI, serta Hima Pendidikan IPA.

Meningkatkan Minat Sains Melalui Kompetisi Eksplorasi Ilmu Pengetahuan Alam

Olimpiade MIPA

Olimpiade MIPA yang diadakan oleh Hima Pendidikan IPA mengusung tema “Eksplorasi Sains: Menggali Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Kompetisi.” Tema ini dipilih dengan tujuan untuk merubah persepsi masyarakat terhadap pelajaran Sains, yang seringkali dianggap sulit dan membosankan, menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Menurut Nayla Faqihah, ketua pelaksana Olimpiade MIPA, “Kami ingin menunjukkan bahwa pelajaran IPA bisa menjadi seru dan menyenangkan, terutama ketika disajikan dalam format kompetisi yang menantang,” ujarnya.

Acara ini diselenggarakan di GKB 7 Kampus 3 Umsida dan berhasil menarik peserta dari berbagai sekolah. Dengan diadakannya Olimpiade MIPA, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam membentuk minat dan semangat siswa terhadap Sains, yang nantinya akan membantu mereka mengembangkan keterampilan praktis yang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan IPA.

Proses Seleksi yang Ketat untuk Menemukan Talenta Terbaik

Olimpiade MIPA dimulai dengan babak penyisihan yang diikuti oleh banyak peserta dari berbagai daerah. Setelah melalui seleksi ketat, sepuluh peserta dengan nilai tertinggi dan waktu tercepat berhasil lolos ke babak semi final. Tantangan semakin berat ketika babak final dimulai, di mana hanya satu peserta yang berhasil meraih juara utama. Walaupun demikian, semua peserta yang gugur di babak penyisihan tetap mendapatkan sertifikat dan pengalaman berharga yang tidak terlupakan.

Salah satu peserta, yang berhasil menyelesaikan tantangan di Olimpiade MIPA, mengungkapkan, “Olimpiade tahun ini cukup menantang dan sulit, tapi saya berhasil melewatinya dengan baik.” Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Olimpiade MIPA ini tidak hanya mengedepankan kompetisi semata, tetapi juga berfungsi sebagai ajang pembelajaran dan peningkatan kemampuan siswa dalam bidang IPA.

Manfaat Olimpiade MIPA untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA di SMP

Olimpiade MIPA

Olimpiade MIPA ini memiliki manfaat yang sangat besar, terutama dalam memperkenalkan kepada siswa pentingnya keterampilan praktis dalam ilmu pengetahuan alam. Program ini juga memperkaya pengalaman belajar mereka dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Seperti yang dikemukakan oleh Nayla, “Lomba Olimpiade MIPA ini sangat menyenangkan dan seru. Semoga tahun depan bisa lebih sukses dan pesertanya semakin banyak.” Harapan ini mencerminkan komitmen Hima Pendidikan IPA untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan IPA di Indonesia melalui berbagai event kreatif yang dapat menginspirasi siswa lebih dalam dalam memahami dan mencintai ilmu sains.

Olimpiade MIPA yang diadakan dalam rangka FPIP EduFair 2025 ini menjadi contoh nyata dari upaya Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Umsidadalam memperkenalkan Sains kepada generasi muda, tidak hanya melalui pembelajaran teoretis tetapi juga melalui pengalaman praktis yang mengasah keterampilan, keterlibatan, dan minat mereka terhadap ilmu pengetahuan alam.

 

Penulis: Fadhilah Nur Rachma

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

PLP
Mahasiswa PLP 1 Pendidikan IPA Umsida Implementasikan Inovasi Digital di NTT
May 27, 2025By
Pengelolaan Laboratorium
Mengoptimalkan Pengelolaan Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo
May 23, 2025By
Buku Ajar Digital
Pentingnya Buku Ajar Digital: Analisis Kebutuhan Pengembangan Sumber Belajar Interaktif untuk Era Digital
May 13, 2025By
Pendekatan Saintifik
Pendekatan Saintifik Dorong Literasi Sains Siswa SMP di Sidoarjo
May 9, 2025By
riset
Kolaborasi Riset Dosen IPA Umsida dan Universiti Malaya Dalam Evaluasi Pembelajaran dan Psikologi
April 29, 2025By
pembelajaran
Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching yang Dipadukan dengan Think Pair Share terhadap Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi di Siswa SMA
April 22, 2025By
PPII
Kolaborasi PPII dan Prodi Pendidikan IPA Umsida untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
April 15, 2025By
pendidikan
Langkah Awal Menuju Dunia Pendidikan: Mahasiswa Pendidikan IPA melaksanakan PLP 1 di SMP Negeri 1 Wonoayu
April 11, 2025By

Prestasi

Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By
P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
April 29, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Terpilih Sebagai Duta Muda Jawa Timur
February 10, 2024By
Medali Emas dan Perak dalam Kompetisi Internasional IC-RiiTEL Universiti Malaya
January 3, 2024By
PKM (Program Kreativitas Mahasiswa): 2 Kelompok Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Insentif dan Pendanaan Proposal
August 22, 2023By