ipa.umsida.ac.id – Happy Fried Rice merupakan produk dagang Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA yang berhasil memperoleh dalam program pengembangan usaha mahasiswa. Happy Fried Rice merupakan olahan makanan sehat yang memodifikasi makanan yang tinggi kalori dan kolestrol menjadi makanan yang lebih sehat dan menjadi salah satu makanan yang dapat digunakan untuk progam diet, yaitu nasi goreng rendah kalori dengan bahan dasar beras merah. Happy Fried Rice hadir berdasarkan riset saat ini, kegandrungan akan makanan yang tidak sehat berupa nasi goreng yang menyasar dari kalangan bawah sampai atas tanpa melihat batasan usia, khususnya para remaja dan orang dewasa semua menyukai makanan tersebut, karena dinilai dapat mengenyangkan, murah dan cepat dalam proses pembuatannya. Happy Fried Rice berfokus pada bidang jasa dan perdagangan, khususnya dalam sektor penyediaan perdagangan makanan sehat. Usaha ini berlokasi di Desa Pagerngumbuk, Rt/Rw 03/02, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.
Baca juga : P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
Pengembangan Produk Happy Fried Rice
Dalam proses pengembangan produk Happy Fried Rice melakukan penjualan produk dengan packaging yang telah dirancang sebelumnya. Sehingga pada saat konsumen membeli Nasi Goreng Rendah Kalori, konsumen akan menerima produk beserta stiker bergambarkan logo produk, kantong kresek custom bertuliskan “Happy Fried Rice” serta brosur berisi manfaat mengonsumsi serta Informasi gizi pada kandungan Nasi Goreng Rendah Kalori. Strategi penjualan yang telah direncanakan juga terealisasikan dengan baik.
Strategi Pemasaran Produk Happy Fried Rice
Selama mengikuti P2MW, strategi pemasaran dalam bisnis Happy Fried Rice telah mengalami perubahan yang positif. Program ini memberikan Happy Frie Rice arahan yang sangat berharga dalam merancang pendekatan yang lebih jelas dan berfokus. Instrumen pemasaran yang digunakan dalam penjualan ini menggunakan mix 7P dengan menerapkan alur konsep 7 langkah, yakni; product, price, promotion, place, partisipant/people, process, dan physical evidance.
Omset Penjualan
Selama mengikuti P2MW, Happy Fried Rice berhasil mencapai omset sebesar Rp. 3.038.000,- Happy Fried Rice mencatat penjualan nasi goreng pelangi sebanyak 50 box, nasi goreng chicken breast 81 box, nasi goreng tuna 49 box dan nasi goreng spesial 17 box. Peningkatan signifikan terjadi pada 5 bulannya, mulai dari bulan juni-Oktober. Semua ini adalah hasil dari strategi pemasaran yang leih bagus yang diterapkan setelah mendapatkan dukungan dari program ini. Happy Fried Rice menerapkan promosi yang lebih efektif, beriklan secara online dan aktif di media sosial guna meningkatkan visibilitas bisnisnya. Dengan upaya ini, Happy Fried Rice berhasil meningkatkan penjualan per unit dan dapat membentu bisnis lebih berkembang secara positif.
Produk Diterima dengan Baik oleh Masyarakt
“Alhamdulillah program kami dapat terlaksanan dengan baik meskipun masih ada yang kurang dan ada sedikit produk yang kurang mencapai target, namun kami sangat bersyukur bahwa produk ini bisa diterima dengan baik di lingkungan masyarakat luas dengan bukti penjualan yang cukup banyak hanya dalam kurun waktu kurang lebih 5 bulan”, ungkap Faninda.
Masyarakat merasa penasaran akan inovasi produk baru yang telah dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan ukuran target pembeli Happy Fried Rice yang dapat dibilang cukup besar dikarenakan gaya hidup sehat yang semakin menjadi tren dan diterapkan oleh masyarakat Indonesia terlebih lagi setelah adanya pandemi COVID-19.
Penulis: Ainin Djauharoh