Tingkatkan Keterampilan Sains Siswa dengan Model Pembelejaran Ini

Ipa.umsida.ac.id – Penelitian ini membahas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa. Dilakukan di SMP Negeri 2 Wonoayu, penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan sains siswa setelah penerapan model ini.

Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk aktif mengeksplorasi pengetahuan melalui eksperimen, sebuah pendekatan yang terbukti lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran konvensional.

Baca juga: Penutupan PPK ORMAWA di Dusun Terluar Sidoarjo, Rektor Umsida Menyampaikan Misi Persyarikatan Mencerdaskan seluruh Elemen Bangsa

1. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa
Sumber: Pixels

Keterampilan proses sains adalah kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari sains. Melalui model Inkuiri Terbimbing, siswa diajak untuk menemukan sendiri konsep ilmiah melalui tahapan merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis, hingga menarik kesimpulan.

Penelitian menunjukkan bahwa model ini meningkatkan kemampuan siswa dalam mengamati, mengelompokkan, memprediksi, menggunakan alat, serta melakukan percobaan.

2. Perbandingan Hasil Pembelajaran dengan Metode Konvensional

Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian terhadap dua kelas, satu sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Inkuiri Terbimbing, dan satu lagi sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran biasa.

Hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen mencapai 72%, sedangkan di kelas kontrol hanya mencapai 40,2%. Ini menunjukkan keunggulan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam proses pembelajaran sains.

3. Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis dan Mandiri

Salah satu keunggulan utama dari model Inkuiri Terbimbing adalah kemampuannya untuk mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Melalui tahapan inkuiri, siswa dituntut untuk berpikir logis dalam merumuskan hipotesis dan menganalisis hasil percobaan.

Siswa yang lebih aktif dalam pembelajaran akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Baca juga: Jajaki Kerjasama dengan SMPN 1 Waru Sidoarjo untuk Sekolah Mitra PPG

4. Peningkatan Signifikan dalam Indikator KPS
Sumber: Pixels

Beberapa indikator keterampilan proses sains yang diuji dalam penelitian ini meliputi kemampuan mengamati, mengelompokkan, memprediksi, dan mengukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator memprediksi mengalami peningkatan paling tinggi, mencapai 89% di kelas eksperimen.

Hal ini dikarenakan proses inkuiri menuntut siswa untuk membuat dugaan atau prediksi berdasarkan fenomena yang diamati. Di sisi lain, indikator mengukur juga mengalami peningkatan meskipun tidak secepat indikator lainnya.

5. Penerapan dalam Pembelajaran Sains

Penerapan model Inkuiri Terbimbing tidak hanya meningkatkan keterampilan ilmiah siswa, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik. Siswa lebih tertarik pada pembelajaran yang melibatkan eksperimen dan pengamatan langsung, dibandingkan metode ceramah yang cenderung pasif.

Dengan menerapkan pendekatan ini, guru dapat menciptakan suasana kelas yang interaktif dan berpusat pada siswa.

Model Inkuiri Terbimbing terbukti memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap keterampilan siswa. Peningkatan yang terjadi di kelas eksperimen menunjukkan bahwa pendekatan ini sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan ilmiah siswa, khususnya dalam memprediksi, mengamati, dan melakukan percobaan.

Penerapan model ini dalam kurikulum pendidikan IPA dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di sekolah.

Sumber: Model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pengaruhya terhadap keterampilan proses sains siswa

Bertita Terkini

Tabel Periodik
Menghafal Tabel Periodik dengan Cara Seru dan Efektif
October 7, 2025By
Ikatan Kimia
Tips & Trik Memahami Ikatan Kimia: Cara Mudah Menguasai Dasar Kimia SMA
October 3, 2025By
Ruang Laboratorium
Persiapan dan Etika di Ruang Laboratorium SMA
September 30, 2025By
Model Discovery Learning Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA
September 26, 2025By
Metode Eksperimen
Metode Eksperimen Tingkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA
September 23, 2025By
Modul Dinamika Partikel
Modul Dinamika Partikel Berbasis Permainan Tradisional Tingkatkan Literasi Sains Mahasiswa
September 19, 2025By
pembelajaran IPA
Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Tingkatkan Kemampuan Analisis Siswa
September 16, 2025By
Pembelajaran
Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Efektif Tingkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa IPA
September 12, 2025By

Prestasi

mahasiswa
Keterlibatan Aktif Mahasiswa Pendidikan IPA Umsida: Inovasi Drytech Batik Ecoprint Berbasis IoT di Ajang PKM
September 5, 2025By
wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By