pembelajaran

Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching yang Dipadukan dengan Think Pair Share terhadap Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi di Siswa SMA

ipa.umsida.ac.id – Di era globalisasi saat ini, pendidikan harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia yang terus berubah. Hal ini menuntut para pendidik untuk menemukan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa, salah satunya melalui penerapan pembelajaran yang berbasis pada pendekatan konstruktivis. Salah satu strategi yang menarik perhatian adalah Reciprocal Teaching (RT) yang dipadukan dengan Think Pair Share (TPS), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Nur Efendi MPd, dosen Prodi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bertujuan untuk menguji pengaruh kombinasi kedua strategi pembelajaran tersebut terhadap peningkatan kemampuan metakognitif dalam pelajaran Biologi siswa SMA di Kabupaten Sidoarjo. Metakognisi, yang merujuk pada kemampuan siswa untuk memahami dan mengendalikan proses berpikir mereka sendiri, menjadi aspek penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Metode Penelitian dan Hasil yang Diperoleh

Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan pendekatan quasi-experiment yang dilakukan dengan pola faktorial 4×2 dan menggunakan teknik pretest-posttest control group. Total sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 240 siswa SMA yang terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan kemampuan akademik mereka: kelompok kemampuan akademik tinggi (AA) dan kelompok kemampuan akademik rendah (AB). Keempat strategi pembelajaran yang diterapkan adalah: strategi pembelajaran konvensional, Reciprocal Teaching (RT), Think Pair Share (TPS), dan kombinasi Reciprocal Teaching dengan Think Pair Share (RT+TPS).

pembelajaran

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran RT+TPS memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa jika dibandingkan dengan ketiga strategi lainnya. Rata-rata skor nilai kemampuan metakognitif siswa yang diterapkan dengan strategi RT+TPS adalah 77,73, yang lebih tinggi 1,65% dari TPS (76,44), 2,92% lebih tinggi dari RT (75,45), dan 4,33% lebih tinggi dari metode konvensional (74,36).

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan akademik siswa mempengaruhi tingkat keberhasilan mereka dalam meningkatkan kemampuan metakognitif. Siswa dengan kemampuan akademik tinggi menunjukkan hasil yang lebih baik dalam pembelajaran metakognitif daripada siswa dengan kemampuan akademik rendah.

Implikasi dan Rekomendasi untuk Peningkatan Pembelajaran Biologi

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kombinasi strategi pembelajaran Reciprocal Teaching dan Think Pair Share (RT+TPS) sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran Biologi. Strategi ini mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, baik dalam diskusi kelompok maupun dalam kegiatan individu, sehingga membantu mereka untuk lebih memahami konsep-konsep yang dipelajari.

pembelajaran

Berdasarkan temuan ini, disarankan agar para pendidik, terutama guru Biologi, dapat mengadopsi dan menerapkan strategi pembelajaran RT+TPS di dalam kelas. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan metakognitif yang sangat penting untuk keberhasilan akademik jangka panjang.

Bagi para pemangku kebijakan pendidikan, penerapan strategi pembelajaran yang efektif seperti RT+TPS dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam merancang kebijakan dan program pelatihan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah. Dengan demikian, pembelajaran dapat lebih optimal dan siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Penerapan strategi pembelajaran yang berbasis pada pengembangan keterampilan metakognitif sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam pembelajaran Biologi di SMA. Penelitian ini memberikan bukti bahwa kombinasi strategi Reciprocal Teaching dan Think Pair Share (RT+TPS) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir siswa. Oleh karena itu, implementasi strategi ini di kelas dapat menjadi langkah penting dalam menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan berkelanjutan.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
Pendidikan IPA
Profil Lulusan Pendidikan IPA Umsida: Mencetak Pendidik dan Pengembang Media Pembelajaran yang Kompeten
August 1, 2025By
E-Book Game Education
Pengaruh Penggunaan E-Book Game Education Berbasis Ekoliterasi dalam Meningkatkan Keterampilan Ekoliterasi Siswa di SMP
July 29, 2025By
DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
Buku
Penerapan Buku Jelajah Sains pada Materi Bumi dan Tata Surya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa Kelas VII
July 22, 2025By
Keterampilan Komunikasi Ilmiah
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa di SMPN 1 Gempol
July 18, 2025By
ipa
Guru IPA Penggerak Berperan Penting Sukseskan Merdeka Belajar di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo
July 15, 2025By
PhET
Laboratorium Virtual PhET: Solusi Inovatif Praktikum IPA dan Matematika di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo
July 11, 2025By

Prestasi

wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By
P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
April 29, 2024By