strategi

Menyiasati Strategi Pembelajaran IPA melalui Video Animasi

ipa.umsida.ac.id –Di era digital yang semakin maju, teknologi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Salah satu inovasi yang paling menjanjikan dalam dunia pendidikan adalah pemanfaatan video animasi sebagai media pembelajaran. Khususnya dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), video animasi memberikan cara yang efektif dan menarik untuk menyampaikan konsep-konsep abstrak dan kompleks.

Kenapa Harus Video Animasi?

strategi

Video animasi mempunyai daya tarik visual tersendiri yang mampu membuat materi pembelajaran menjadi seolah lebih hidup. Dengan animasi, pembelajaran IPA dapat diamati secara langsung dan disajikan secara visual dan interaktif. Selain itu, video animasi juga memiliki manfaat lain seperti:

  1. Untuk memudahkan pemahaman konsep IPA yang tidak hanya dibayangkan saja, namun perlu adanya ilustrasi yang nyata seperti pengilustrasian struktur atom atau pergerakan planet.
  2. Meningkatkan motivasi belajar seorang siswa.
  3. Memperkuat ingatan, di mana visualisasi yang menarik dalam animasi dapat lebih mudah diingat dibandingkan dengan teks atau gambar statis.
  4. Menyajikan informasi secara lebih efektif dengan mengkolaborasikan gambar, suara, dan gerakan dalam animasi sehingga dapat menyampaikan informasi secara lebih komprehensif.
Strategi Pembelajaran IPA Menggunakan Video Animasi

strategi

Untuk memaksimalkan potensi video animasi dalam pembelajaran IPA, penting untuk merancang desain animasi sesuai dengan materi pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Hal ini akan memastikan bahwa siswa memperoleh pemahaman yang komprehensif terhadap konsep-konsep IPA yang diajarkan. Penggunaan karakter, efek suara, hingga bahasa yang mudah dipahami dapat membuat animasi yang disajikan semakin menarik perhatian siswa.

Aktivitas pendukung lainnya dapat dilakukan seperti menggugah rasa penasaran siswa dengan mengajak siswa untuk memprediksi tentang apa yang akan mereka lihat, meminta siswa untuk berpikir kritis usai menonton video, hingga mengajak siswa untuk berdiskusi dengan melakukan sesi tanya jawab sesuai dengan pemahaman mereka. Hal ini akan memudahkan guru selama pembelajaran berlangsung. Guru juga dapat bekerja sama dengan pembuat konten untuk menghasilkan video animasi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi untuk menyediakan video animasi edukasi secara efektif.

Video animasi telah terbukti menjadi alat yang sangat efektif dalam pembelajaran IPA. Dengan perencanaan yang matang dan kreativitas, video animasi dapat membuat pembelajaran IPA menjadi lebih menarik, efektif, dan bermakna bagi siswa.Penting untuk diingat bahwa video animasi hanyalah salah satu alat dalam pembelajaran. Guru tetap berperan penting dalam mengarahkan pembelajaran, memberikan umpan balik, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

 

Penulis: Fadhilah Nur Rachma

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

inovatif
Solusi Inovatif Dosen Prodi IPA Umsida untuk Kelola Limbah Rumah Tangga
December 17, 2024By
lkmm-td
Latih Kepemimpinan Mahasiswa Prodi IPA Melalui Kegiatan LKMM-TD Akbar se-FPIP
December 13, 2024By
ipa
Inovasi Pembelajaran IPA dan Matematika melalui Laboratorium Virtual PhET
December 10, 2024By
kebutuhan
Analisis Kebutuhan Materi Ajar untuk Optimalisasi Pembelajaran IPA di Era Globalisasi
December 3, 2024By
suasana
Menciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan untuk Belajar IPA
November 29, 2024By
Serah Terima Jabatan Hima Pendidikan IPA Umsida 2024
November 1, 2024By
Penutupan PPK ORMAWA di Dusun Terluar Sidoarjo, Rektor Umsida Menyampaikan Misi Persyarikatan Mencerdaskan seluruh Elemen Bangsa
October 16, 2024By
Jajaki Kerjasama dengan SMPN 1 Waru Sidoarjo untuk Sekolah Mitra PPG
October 15, 2024By

Prestasi

Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By
P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
April 29, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Terpilih Sebagai Duta Muda Jawa Timur
February 10, 2024By
Medali Emas dan Perak dalam Kompetisi Internasional IC-RiiTEL Universiti Malaya
January 3, 2024By
PKM (Program Kreativitas Mahasiswa): 2 Kelompok Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Insentif dan Pendanaan Proposal
August 22, 2023By