media

Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

ipa.umsida.ac.id – Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat pendidikan dasar memerlukan metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, terutama dalam materi yang dianggap abstrak dan sulit dipahami. SDN Celep Sidoarjo menjadi salah satu contoh penerapan inovasi dalam pendidikan IPA melalui penggunaan media buku pop-up. Penelitian yang dilakukan oleh Fitria Eka Wulandari SSi MPd dan tim dosen Program Studi Pendidikan IPA bertujuan untuk menguji efektivitas media buku pop-up dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Celep pada materi perubahan suhu dan bentuk benda.

Penerapan Media Buku Pop-Up dalam Pembelajaran IPA

media

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi apakah penggunaan media buku pop-up dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi yang dianggap kompleks, seperti perubahan suhu dan bentuk benda. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain pretest-posttest. Siswa diberikan pretest untuk mengukur pengetahuan awal mereka, kemudian mereka mengikuti pembelajaran menggunakan media buku pop-up, dan diakhiri dengan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman mereka.

Tim peneliti menggunakan soal pilihan ganda sebagai instrumen pengukuran hasil belajar. Tes ini mengacu pada indikator C1 hingga C6 dalam ranah kognitif. Hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan rumus N-Gain untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan media buku pop-up.

Meingkatkan Hasil Belajar Siswa secara Signifikan

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media buku pop-up. Berdasarkan analisis N-Gain, diperoleh peningkatan dari nilai rata-rata pretest 61,92 menjadi posttest 89,12. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media buku pop-up memiliki dampak positif terhadap pemahaman siswa mengenai materi perubahan suhu dan bentuk benda.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa media buku pop-up tidak hanya membantu siswa mengingat informasi, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka secara menyeluruh. Nilai N-Gain untuk indikator kognitif seperti mengingat, memahami, dan menerapkan materi menunjukkan kategori tinggi, sementara menganalisis materi menunjukkan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa media buku pop-up memfasilitasi pemahaman siswa secara menyeluruh.

“Dengan menggunakan media buku pop-up, siswa dapat melihat konsep-konsep IPA secara lebih jelas dan visual, sehingga mereka lebih mudah memahami materi yang sebelumnya sulit dijelaskan secara verbal,” ujar Fitria Eka Wulandari, dosen yang terlibat dalam penelitian ini.

Penerapan Buku Pop-Up untuk Pengalaman yang Lebih Menyenangkan

media

Penggunaan media buku pop-up tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga meningkatkan motivasi dan antusiasme mereka dalam belajar. Visualisasi tiga dimensi yang ditawarkan oleh buku pop-up menjadikan pembelajaran IPA lebih menarik dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih terlibat dalam proses belajar, yang pada gilirannya meningkatkan hasil belajar mereka.

“Buku pop-up memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan bagi siswa. Mereka tidak hanya belajar dengan membaca teks, tetapi juga dapat berinteraksi dengan materi pembelajaran melalui gambar yang dapat bergerak,” tambah Fitria Eka Wulandari. “Hal ini membuat siswa lebih fokus dan terlibat dalam pembelajaran.”

Penerapan media buku pop-up juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir secara kreatif dan menghubungkan konsep-konsep yang mereka pelajari dengan dunia nyata. Dengan cara ini, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan Pembelajaran IPA dengan Media Interaktif

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku pop-up sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam materi IPA yang kompleks. Media ini membantu siswa memahami konsep-konsep ilmiah secara visual, sehingga materi yang sulit dipahami menjadi lebih mudah dimengerti.

Penelitian ini memberikan saran agar sekolah-sekolah mulai menerapkan media pembelajaran berbasis visual, seperti buku pop-up, dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, serta memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam memahami materi pelajaran.

Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan penggunaan media buku pop-up dapat diterapkan pada materi pelajaran lainnya, sehingga pembelajaran di sekolah dapat menjadi lebih interaktif dan efektif. Selain itu, penelitian lebih lanjut dapat mengkaji penggunaan media visual lainnya untuk mendukung pembelajaran di berbagai mata pelajaran.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Pembelajaran
Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Efektif Tingkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa IPA
September 12, 2025By
Prodi Pendidikan IPA
Prodi Pendidikan IPA Umsida Siap Membangun Generasi Sains Unggul
September 9, 2025By
mahasiswa
Keterlibatan Aktif Mahasiswa Pendidikan IPA Umsida: Inovasi Drytech Batik Ecoprint Berbasis IoT di Ajang PKM
September 5, 2025By
Prodi Pendidikan IPA
Mengenal Prodi Pendidikan IPA Umsida, Sejarah dan Perkembangannya!
September 2, 2025By
PBL
Model PBL Efektif Latih Penalaran Ilmiah Siswa
August 26, 2025By
Kunjungan Lapangan
Kunjungan Lapangan Tingkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Lingkungan Hidup
August 22, 2025By
HIMA IPA
Harmonisasi HIMA IPA Umsida: Mempererat Kekompakan dan Kepemimpinan Anggota
August 19, 2025By
PjBL
Pengaruh Model PjBL Berbantuan LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SD
August 13, 2025By

Prestasi

mahasiswa
Keterlibatan Aktif Mahasiswa Pendidikan IPA Umsida: Inovasi Drytech Batik Ecoprint Berbasis IoT di Ajang PKM
September 5, 2025By
wisudawan berprestasi
Wisudawan Berprestasi dari Prodi pendidikan IPA yang Menjadi Inspirasi dengan Mengatur Waktu Antara Kuliah, Kerja, dan Organisasi
August 5, 2025By
DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By