Olimpiade MIPA

FPIP EduFair 2025: Olimpiade MIPA Tingkat Nasional Ajak Siswa SMP/MTs Jelajahi Ilmu Pengetahuan Alam

ipa.umsida.ac.id — Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sukses menyelenggarakan acara tahunan bertajuk FPIP EduFair 2025. Salah satu highlight dalam acara ini adalah diselenggarakannya Olimpiade MIPA Tingkat Nasional untuk jenjang SMP/MTs sederajat, yang sukses menarik perhatian para peserta dari berbagai daerah. Acara yang berlangsung meriah ini menampilkan berbagai kompetisi di berbagai bidang, yang melibatkan seluruh Himpunan Mahasiswa (Hima) dan naungan se – FPIP, termasuk Action, Hima PGPAUD, Hima PGSD, Hima Psikologi, Hima PTI, Hima PBI, serta Hima Pendidikan IPA.

Meningkatkan Minat Sains Melalui Kompetisi Eksplorasi Ilmu Pengetahuan Alam

Olimpiade MIPA

Olimpiade MIPA yang diadakan oleh Hima Pendidikan IPA mengusung tema “Eksplorasi Sains: Menggali Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Kompetisi.” Tema ini dipilih dengan tujuan untuk merubah persepsi masyarakat terhadap pelajaran Sains, yang seringkali dianggap sulit dan membosankan, menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Menurut Nayla Faqihah, ketua pelaksana Olimpiade MIPA, “Kami ingin menunjukkan bahwa pelajaran IPA bisa menjadi seru dan menyenangkan, terutama ketika disajikan dalam format kompetisi yang menantang,” ujarnya.

Acara ini diselenggarakan di GKB 7 Kampus 3 Umsida dan berhasil menarik peserta dari berbagai sekolah. Dengan diadakannya Olimpiade MIPA, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam membentuk minat dan semangat siswa terhadap Sains, yang nantinya akan membantu mereka mengembangkan keterampilan praktis yang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan IPA.

Proses Seleksi yang Ketat untuk Menemukan Talenta Terbaik

Olimpiade MIPA dimulai dengan babak penyisihan yang diikuti oleh banyak peserta dari berbagai daerah. Setelah melalui seleksi ketat, sepuluh peserta dengan nilai tertinggi dan waktu tercepat berhasil lolos ke babak semi final. Tantangan semakin berat ketika babak final dimulai, di mana hanya satu peserta yang berhasil meraih juara utama. Walaupun demikian, semua peserta yang gugur di babak penyisihan tetap mendapatkan sertifikat dan pengalaman berharga yang tidak terlupakan.

Salah satu peserta, yang berhasil menyelesaikan tantangan di Olimpiade MIPA, mengungkapkan, “Olimpiade tahun ini cukup menantang dan sulit, tapi saya berhasil melewatinya dengan baik.” Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Olimpiade MIPA ini tidak hanya mengedepankan kompetisi semata, tetapi juga berfungsi sebagai ajang pembelajaran dan peningkatan kemampuan siswa dalam bidang IPA.

Manfaat Olimpiade MIPA untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA di SMP

Olimpiade MIPA

Olimpiade MIPA ini memiliki manfaat yang sangat besar, terutama dalam memperkenalkan kepada siswa pentingnya keterampilan praktis dalam ilmu pengetahuan alam. Program ini juga memperkaya pengalaman belajar mereka dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Seperti yang dikemukakan oleh Nayla, “Lomba Olimpiade MIPA ini sangat menyenangkan dan seru. Semoga tahun depan bisa lebih sukses dan pesertanya semakin banyak.” Harapan ini mencerminkan komitmen Hima Pendidikan IPA untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan IPA di Indonesia melalui berbagai event kreatif yang dapat menginspirasi siswa lebih dalam dalam memahami dan mencintai ilmu sains.

Olimpiade MIPA yang diadakan dalam rangka FPIP EduFair 2025 ini menjadi contoh nyata dari upaya Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Umsidadalam memperkenalkan Sains kepada generasi muda, tidak hanya melalui pembelajaran teoretis tetapi juga melalui pengalaman praktis yang mengasah keterampilan, keterlibatan, dan minat mereka terhadap ilmu pengetahuan alam.

 

Penulis: Fadhilah Nur Rachma

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

E-Book Game Education
Pengaruh Penggunaan E-Book Game Education Berbasis Ekoliterasi dalam Meningkatkan Keterampilan Ekoliterasi Siswa di SMP
July 29, 2025By
DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
Buku
Penerapan Buku Jelajah Sains pada Materi Bumi dan Tata Surya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa Kelas VII
July 22, 2025By
Keterampilan Komunikasi Ilmiah
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa di SMPN 1 Gempol
July 18, 2025By
ipa
Guru IPA Penggerak Berperan Penting Sukseskan Merdeka Belajar di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo
July 15, 2025By
PhET
Laboratorium Virtual PhET: Solusi Inovatif Praktikum IPA dan Matematika di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo
July 11, 2025By
Etno-STEM
Etno-STEM: Inovasi Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal yang Efektif Tingkatkan Kemampuan Analisis Siswa
July 8, 2025By
HIMA Pendidikan IPA Umsida Selenggarakan Workshop Artikel Ilmiah 2025: Dorong Generasi Muda Kreatif dan Inovatif
July 4, 2025By

Prestasi

DaBeLCy
Dosen IPA Umsida Ikuti Ujian Tertutup Disertasi dengan Model Pembelajaran DaBeLCy untuk Penalaran Ilmiah
July 25, 2025By
IPA
Dosen IPA Umsida Lolos Hibah RisetMu dengan Penelitian Integrasi Budaya Lokal dan Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran IPA
June 16, 2025By
Noly Shofiyah
Noly Shofiyah, Dosen IPA Umsida, Torehkan Prestasi di Publikasi Ilmiah Internasional
November 19, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Berhasil Lulus 3,5 Tahun
August 22, 2024By
Wisuda 43 2024: 4 Mahasiswa Pendidikan IPA Raih Predikat Wisudawan Berprestasi
July 1, 2024By
Kembali Ukir Prestasi, HIMA Pendidikan IPA Berhasil Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024
May 31, 2024By
P2MW : Mahasiswa Pendidikan IPA Kembali Berhasil Lolos Pendaan
April 29, 2024By
Mahasiswa Pendidikan IPA Terpilih Sebagai Duta Muda Jawa Timur
February 10, 2024By