Kegiatan LDOM atau Diklat Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA merupakan salah satu program kerja yang telah disusun oleh Badan Pengurus Harian untuk memberikan wawasan dalam ranah keorganisasian dan kepemimpinan kepada kader HIMA selanjutnya. LDOM yang diselenggarakan oleh HIMA Prodi Pendidikan IPA tahun ini adalah LDOM ketiga yang bisa diselenggarakan oleh HIMA.

Kegitatan awal dari susunan acara adalah pemberangkatan peserta ke villa yang dibuka dan diberangkatkan oleh Dekan FKIP yaitu Dr. Nur Effendi, M. Pd dan juga Ka Prodi Pendidikan IPA yaitu Fitria Eka Wulandari, S.Si., M.Pd. Setelah dibuka peserta diberangkatkan ke Pacet dengan mobil elf dan sampai di villa pada pukul 16.00. disana peserta dilakukan pengecekan dan absen di setiap penangung jawab kelompoknya. Setelah itu peserta melakukan sholat ashar berjamaah dan dilanjukan untuk menata barang bawaan masing-masing. Setelah magrib peserta dan panitia menuju aula untuk makan malam sekaligus dilanjutkan dengan sholat isya’ berjamaah. Setelah sholat isya’ peserta menyiapkan peralatan untuk materi dan kontrak diklat. Rekam jejak alumni dilakukan pukul 19.00-20.00 WIB dengan pemateri dari alumni dan demisioner hima sekaligus BEM FKIP. Materi 1 yang mengangkat tema kepemimpinan dilaksanakan pukul 20.00-21.30 WIB dengan pemateri Septa Resistor. Setelah itu peserta diarahkan untuk beristirahat.

Hari sabtu pagi jam 03.30 WIB panitia membangunkan semua peserta untuk segera bersiap-siap melaksanakan sholat susbuh berjamaah dan kultum pagi. Setelah sholat peserta diarahkan untuk bersiap-siap melakukan senam pagi. Setelah senam pagi, peserta melakukan bersih-bersih diri dan kumpul lagi di aula untuk sarapan. Setelah sarapan, peserta mendapatkan materi kedua tentang keorganisasian yang diisi oleh Doni Rusmadiansyah selaku ketua umum korkom IMM Umsida. Pada pukul 07.30 WIB peserta melakukan tes yel-yel grup dan dilanjutkan dengan kegiatan JJP (Jalan-Jalan Pagi) yang rutenya kurang lebih sepanjang 2.5 KM. Saat melakukan JJP terdapat 2 anak yang memiliki keluhan sakit sehingga harus berhenti di pos 2 dan diantarkan kembali ke villa dengan mobil panitia. Kegiatan JJP selesai pada jam 11.30 WIB dan dikarenakan hujan maka kegiatan game yang seharusnya dilakukan setelah  JJP terpaksa dibatalkan. Setelah peserta dan panitia berbersih diri, semua berkumpul di aula untuk melaksanakan sholat duhur berjamaah dan makan siang bersama.

Acara dilanjutkan dengan latihan pembentukan proker setahun kedepan oleh para kader HIMA yang dibimbing oleh Badan Pengurus Harian HIMA. Presentasi tentang proker dan sesi tanya jawab berlangsung dengan lancar, semua anggota aktif berpartisipasi dalam pembentukan proker tersebut.  Setelah itu peserta dan panitia melaksanakan sholat ashar berjamaah dan dilanjutkan dengan game mind mapping dan problem solving dimana peserta akan diberi permasalahan dan bagaimana merka akan menyelesaikan masalah tersebut.

Setelah itu panitia dan peserta melaksanakan sholat magrb berjamaah dan peserta diarahkan untuk bersih-bersih diri. Setelah sholat isya, peserta makan malam bersama dan dilanjut dengan berbagi pengalam dengan demisioner HIMA. Pukul 19.00-20.30 WIB, peseta mendapatkan materi tentang manajemen waktu dan informasi yang sangat berguna dalam setiap organisasi yang diisi oleh Hikmah selaku Demisioner dari Prodi PGSD. Setelah itu peserta diarahkan untuk beristirahat.

Pukul 11.00 WIB peserta dibangunkan untuk melaksanakan JJM (Jalan-Jalan Malam) sekaligus tadabbur alam. Saat melaksanaka JJM, terdapat 3 anggota yang tidak mengikuti dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memunginkan. Setelah JJM, segenap panitia memberikan renungan malam seputar kebersamaan dan komitmen daam sebuah organisasi, acara selesai pada pukul 04.00 WIB sehingga langsung dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah. Setelah sholat subuh, pserta diberikan waktu untuk berih-bersih diri dan pukul 07.00 WIB kembali lagi ke aula untuk sarapan bersama. Setelah sarapan, peserta menyiapkan penampilan untuk inagurasi. Inagurasi dilaksanakan dari jam 08.00-11.00 WIB, setelah inagurasi diadakan sesi foto bersama dan penutupan acara. Sebelum pulang, peserta makan siang bersama terlebih dahulu, kemudian kembalinke villa untuk packing dan bersiap-siap kembali ke kampus 1. Pukul 13.00 WIB seluruh panitia dan peserta kembali ke Sidoarjo dan sampai di kampus pada pukul 15.00 WIB.

 

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *