Capaian Pembelajaran

Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan

No Profil Lulusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

1.

 

Pendidik IPA Sikap (S)

S1

 

 

S2

 

S3

 

S4

 

S5

S6

S7

S8

S9

S10

S11

 

bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

menginternalisasi nilai, norma, danetikaakademik;

menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

 

2. Peneliti Pendidikan IPA Keterampilan Umum (KU)

KU1

 

 

KU2

KU3

 

 

 

 

KU4

 

KU5

 

KU6

 

KU7

 

 

KU8

 

KU9

 

 

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

3. Praktisi Pendidikan IPA Keterampilan Khusus (KK)

KK1

 

 

 

KK2

 

KK3

 

KK4

 

 

 

KK5

 

mampu merancang, serta melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan berbagai variasi pendekatan inquiry yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan membangun kemampuan berpikir kritis (critical thinking), penyelesaian masalah (problem solving skills) serta kemampuan kinerja (performance skills);

mampu merancang dan memilih aktivitas, strategi, dan sumberdaya pembelajaran IPA dengan mempertimbangkan karakteristik materi dan peserta didik;

menerapkan prosedur K3 dan etika perlakuan (ethical treatment) terhadap organisme dalam pembelajaran IPA;

mampu merancang dan menggunakan alat, teknik, dan strategi penilaian otentik dalam pembelajaran IPA (pengamatan, portofolio pekerjaan peserta didik, kinerja dalam tugas, proyek, penilaian sendiri, penilaian kelompok, dan tes standar) untuk mengevaluasi kinerja dan kemajuan belajar peserta didik (ide, prakonsepsi, pengetahuan) dan menginterpretasikan hasilnya; dan

mampu melakukan analisis reflektif terhadap pembelajaran dan memilih alternatif solusi untuk perbaikan pembelajaran IPA melalui penelitian kelas (classroom research).

Pengetahuan (P)

P1

 

 

 

 

 

 

 

P2

menguasai konsep teoretis bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mencakup bahan kajian:

a. Sistem organisasi makhluk hidup, keanekaragaman mahluk hidup dan hubungannya dengan lingkungan, evolusi, dan saling ketergantungan;

b. pengukuran, mekanika, kalor, getaran, gelombang bunyi, kelistrikan, kemagnetan, sistem optik dan fisika modern, dan penerapannya dalam sistem hayati;

c. konsep partikel materi, keperiodikan unsur, bahan kimia, reaksi kimia dan penerapan serta pengaruhnya dalam sistem kehidupan; dan

d. kebumian, sistem tata surya dan pengaruhnya dalam sistem kehidupan.

menguasai konsep teoretis bidang kependidikan, mencakup bahan kajian:

a. metodologi penelitian pendidikan IPA;

b. pengelolaan laboratorium untuk pembelajaran IPA;

c. konsep teoretis pendidikan, perkembangan peserta didik (aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya) secara umum;

d. konsep teoretis, prinsip, metoda ,dan teknik:

1) pembelajaran IPA (Science teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi: perencanaan, penyajian dan pengelolaan pembelajaran (kurikulum, sumber belajar, media, dan model pembelajaran), serta penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran IPA;

2) pengembangan media pembelajaran IPA; dan

3) pengembangan alat laboratorium IPA untuk sekolah.

e. konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi, dan perbaikan) laboratorium IPA untuk sekolah; dan

f. konsep umum, prinsip, dan teknik pendampingan peserta didik.